Pages

Corona Virus (Covid-19) dan Sidang Thesis Online di Belanda

Covid-19 outbreak memang membawa banyak shocking moment di kehidupan studi saya dan teman-teman yang berada di sini.

Selain tentu saja kampus yang tidak boleh mengadakan kegiatan belajar-mengajar tatap muka, kegiatan akedemik lainnya juga harus mengalami penyesuaian. Seharusnya sidang thesis dan kolokium saya akan diadakan hari ini (18 Maret 2020) secara langsung di kampus. Hanya saja, karena kebijakan dari RIVM (Kementerian Kesehatan Belanda), keduanya harus dilakukan secara online menggunakan aplikasi skype.

Menurut saya agak aneh dan tidak biasa sih presentasi via online begini. Tapi ini adalah sebuah fase kehidupan yang harus dilalui. Kelebihannya tentu saja, saya tidak perlu pergi ke kampus untuk mempersiapkan sidang kali ini. Let's see akan seperti apa sidang hari ini akan berlangsung.

Di tengah persiapan sidang, kami juga disibukkan dengan rencana kepulangan ke Indonesia. Dengan semakin dinamisnya kondisi Belanda dan negara-negara lainnya termasuk Indonesia sendiri (per hari ini sudah ada 227 pasien terinfeksi), kami ingin sekali cepat pulang ke Indonesia. Mungkin banyak yang berpikir di sini lebih baik karena fasilitas kesehatan di negara maju terlihat lebih baik. Saya akui memang begitu, tetapi ada yang lebih penting dari itu. Ketenangan.

Mengetahui kabar keluarga dan berada dekat dengan keluarga adalah sesuatu yang lebih penting sekarang ini, menurtuku. Not necessarily, harus mudik ya. Saya tidak mengatakan begitu, justru lebih baik stay terlebih dahulu sampai keadaan mulai membaik adalah sesuatu yang lebih bijak sekarang.

Namun, untuk mereka yang berada bermil-mil jauhnya dari keluarga seperti kami, tentu akan jauh lebih tenang jika bisa mendekat bersama keluarga. Oleh karenanya, barang-barang kami sudah kami packing, termasuk sepeda. Kemudian, barang-barang besar lain sudah kita jual dan bersiap untuk segera pulang. Namun, pemesanan tiket maskapai Garuda Indonesia yang kami pesan belum juga mendapat titik terang karena lambatnya proses yang dilakukan oleh mereka by email.

Akhir kata, semoga keadaan bisa semakin membaik dan outbreak ini bisa segera mereda ya. Stay healthy teman-teman semua.


Ditulis di Asserpark,
sambil deg-degan mau sidang thesis nanti sore
Wageningen, 18 Maret 2020, 12.02 PM

Rio

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Ikutlah berdiskusi disini, amalkanlah ilmu kalian :