Pages

Sudah Kepoin LPDP Tahun 2018 ini Belum

Hallooo gimana kabarnya teman-teman?
Assalamualaikum semuanya. Terima kasih banyak sudah mengizinkan saya berbagi ya teman-teman SIMI Education.
Di sini semuanya pada mau lanjut studi kah? Pasti dong ya, kalau tidak, berarti nyasar ke grup ini hehehe.


Okay sebelumnya perkenalan singkat dulu ya. Nama saya Rio Alfajri Alumni Hubungan Internasional Unpad dan akan melanjutkan studi Master di Wageningen University and Research atau lebih dikenal sebagai WUR.



Nanti di sana ngambil Master of International Development Studies. :) Oh iya, Alhamdulillah saya bisa melanjutkan studi dengan bantuan beasiswa LPDP. Sebenarnya saya juga merupakan awardee beasiswa DAAD Helmut Schmidt Program untuk Master of Public Policy and Good Governance di Jerman. Namun, pada akhirnya saya lebih memilih LPDP :)





Sudah mulai Kepoin LPDP tahun ini Belum?


Aku bersama teman-teman PK-ku (Aku yang paling Kanan)

Sudahkah teman-teman tahu LPDP buka lagi? Yeay. Kuotanya jadi semakin banyak lho Guys. Ada 4.000 orang kuotanya sekarang Tapi 4.000 itu dibagi lagi menjadi beberapa jenis beasiswa. Sudah baca-baca belum tentang jenis beasiswanya? 

Ada Beasiswa regular yang umum nah ini yang saya dapatkan. Lalu ada beasiswa afirmasi untuk teman-teman dari Bidikmisi dan yang berprestasi. Kemudian ada BUDI beasiswa untuk Dosen Indonesia. Lalu ada beasiswa Disertasi dan yang lainnya.

Jadi sekarang itu gak semua Universitas bisa dipilih. Tergantung kita pilih masuk untuk LPDPnya di jenis beasiswa yang mana. Seperti yang dijelaskan ada jenis Beasiswa Pendidikan Indonesia Reguler, Afirmasi, dan lain sebagainya. Daftarnya nanti saya unggah ke sini ya.


Kenapa sih LPDP kebijakannya Aneh Beud
Kalau ada pertanyaan kenapa sih aturannya diubah. Ini sedikit alasannya yang didapat dari tanya jawab ke pihak LPDP nya.
1. Mengenai jumlah daftar kampus
> Tanya:  Mengapa daftar kampus LN untuk reguler lebih sedikit dibanding afirmasi? Apakah terkait tingkat keketatan seleksi atau ada alasan lain?
> Jawab: Ibu Menkeu menghendaki reguler Top 20, di direksi dilakukan penambahan Top 10 Prodi. Jadi yg mau masuk dari kriteria beasiswa reguler harus menempuh seleksi yg lebih ketat.
2. Mengenai Beasiswa Presiden RI (BPRI)
> Tanya: Apakah BPRI akan diadakan kembali?
> Jawab: BPRI belum ada lagi. Tahun lalu BPRI berubah jadi BIT beasiswa Indonesia Timur.

3.  Sebagai informasi tambahan, daftar universitas untuk LN masih terbuka untuk ditambah jumlah prodi serta universitasnya. Mudah-mudahan mendekati pendaftaran LN sudah dapat lengkap seluruh prodi yang masuk dalam tema keilmuan. Daftar yang saya dapatkan saja ini sudah hasil revisi.
(Jawaban di atas disampaikan oleh Pak M.Lukmanul Hakim)

Kapan nih Jadwal LPDP?
Pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan dalam negeri akan dibuka pada 7 Mei – 8 Juni 2018. Sedangkan pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan luar negeri dibuka pada 2 Juli - 21 September 2018. 

Rio

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Ikutlah berdiskusi disini, amalkanlah ilmu kalian :